Harga BBM Tetap, BI Rate Diprediksi Bertahan

JAKARTA – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) pada April ini diprediksikan akan tetap bertahan pada level 5,75 persen. Prediksi bakal bertahannya BI Rate itu seiring tidak pastinya kebijakan pemerintah dalam menentukan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

BI rate masih stay di 5,75 persen apalagi kemarin ada kenaikan inflasi secara year on year (yoy) dari 3,6 persen ke 3,97 persen, ini akan membuat BI rate tidak akan turun lagi ke depan bahkan ada potensi naik, ujar Kepala Ekonom Bank Internasional Indonesia (BII) Juniman di Jakarta, Minggu (8/4).

Selain itu, kata Juniman, faktor yang membuat BI rate tetap bertahan di level 5,57 persen karena tidak ada kepastian tentang rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. Ketidakpastian ini membuat harga barang-barang di tingkat konsumen tidak mengalami penurunan, bahkan cenderung naik. Ini membuat inflasi masih tetap tinggi, tandasnya.

Lebih lanjut Juniman mengatakan, berdasarkan perhitungannya maka paling lambat harga BBM subsidi akan naik pada bulan Juli. Kenaikan itu seiring tren harga minyak dunia selama 6 bulan ke belakang ini maka membuka kesempatan pemerintah untuk menaikan harga BBM bersubsidi.

Masalahnya apakah pemerintah akan menaikan atau tidak, kalau melihat situasi yang ada pada bulan Juli itu kan masa sekolah dan puasa, itu sangat rentan kalau ada kenaikan BBM. Itu akan ada efek negatif, maka sebisa mungkin dihindari pemerintah, pungkasnya. (naa/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: