Info

Preamble-Mukadimah

WordPress (WP) adalah CMS dengan lisensi Open Source yang banyak dipakai orang sebagai platform untuk nge-blog. Saat ini, jumlah pengguna WordPress telah menembus jutaan blog di seluruh dunia. Dengan WordPress, kita bisa memiliki layanan blog dengan nama domain sendiri dan di server sendiri. Jadi, kita punya kontrol penuh atas blog kita, baik dari segi desain maupun content. WordPress sangat mudah dikelola, tampilannya menggunakan template dikombinasikan dengan plugin yang membuatnya menjadi sangat powerfull. Saat ini telah ada ratusan themes+plugins yang bisa di download secara gratis di situs official WordPress.org.

WordPress juga memiliki versi yang instant dan gratis hosting seperti halnya blogspot. Anda bisa mendaftar langsung di WordPress.com dan memiliki blog dengan domain http://blog-yang-kamu-mau.wordpress.com. Layanan gratis ini tidak sebebas seperti layanan WordPress.org dalam hal meng-oprak-oprek. Mungkin yang paling mengecewakan, blog yang menumpang di WordPress.com tidak bisa dipasang adsense. Paling tidak, kelebihan dari layanan ini adalah Anda tentu tidak akan dipusingkan dengan persoalan uang tahunan buat bayar sewa domain dan hosting.

======================================================

Bagaimana-Memulai?

Untuk menggunakan WordPress, kita membutuhkan domain dan hosting. Untuk yang berbayar, ada banyak vendor penyedia layanan domain+hosting yang tersebar di seluruh Indonesia dan transaksi yang mudah menggunakan rupiah (tidak dipusingkan dengan akun paypal jika mencari host dari luar negeri). Minimum requirement buat nge-host WordPress adalah PHP 4.3 atau lebih dan MySQL 4.0 atau lebih (gak usah terlalu dipusingkan mengenai istilah di atas).

Kalau mau mencoba-coba ( latihan :hammer: ), ada banyak yang vendor yang menyediakan hosting gratis (hosting gratis di yahoo geocities tidak bisa digunakan karena ia tidak support PHP dan MySQL). Anda bisa cari-cari di sini:

Untuk domain, bisa langsung mendaftar di http://www.co.cc. Anda akan mendapatkan nama domain http://blog-yang-kamu-mau.co.cc.

Kemudian, download-lah engine WordPress di wordpress.org. Setelah itu, lakukan sedikit konfigurasi (sesuai dengan tempat di mana kita mendaftar hosting) pada file wp-config.php. Kemudian, upload kembali file2 tersebut ke hosting kita. Untuk konfigurasi di hostingan, buatlah SQL database yang akan digunakan untuk WordPress.

Jika hosting tempat Anda mendaftar memiliki fasilitas fantastico, langkah2 konfigurasi ini bisa langsung Anda skip. Ikuti saja petunjuk di fantastico, tinggal klak-klik saja. Anda tidak membutuhkan keahlian script atau coding, selain kemampuan berbahasa inggris yang standar dengan google translator.

======================================================

Bantuan dan Support?

Langsung saja cek TKP ke http://wordpress.org dan cari di tab pencarian mengenai permasalahan Anda. Ada banyak persoalan yang diajukan oleh orang-orang dan mungkin berguna untuk Anda. Jika halaman berbahasa Inggris terasa menyesakkan dada, ada banyak blog dan forum berbahasa Indonesia yang membahas tips-trik mengenai WordPress. Sebagai contoh, buatlah entry pencarian di google dengan keyword “cara menginstall wordpress” atau “panduan menggunakan wordpress”. Akan ada ratusan halaman yang berisi berbagai macam tutorial yang anda butuhkan. Bagi Anda yang kaskuser (member forum kaskus.us), bisa langsung kunjungi thread yang membahas WordPress.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: